Pengurusan pendirian CV

Perusahaan CV (Commanditaire Vennootschap / Persekutuan Komanditer) adalah badan hukum untuk perusahaan yang tidak harus mencantumkan modal dasar dan modal di stor di dalamnya. Modal tersebut di atur di dalam rapat para pengurus atau orang-orang yang terdaftar di Akta pendirian perusahaan.

Ada beberapa perubahan untuk pendirian CV ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Sehingga muncul beberapa perubahan baru seperti :

  1. Pengesahan CV dilakukan oleh kemenkumham tidak lagi melalui pengadilan
  2. Modal CV tidak lagi di cantumkan di dalam akta.
  3. TDP di ganti dengan NIB
  4. Ada surat izin lokasi, surat izin distribusi/ produksi.
  5. Syarat berkas IMB peruntukan kantor dan melampirkan SLF.

Jadi untuk sekarang dengan menyesuaikan dengan pelaturan tersebut, maka kelengkapan berkas pendirian CV meliputi :

  1. Akta pendirian dari notaris dan,
  2. SK dari kemenkumham
  • Foto KTP dan NPWP para pemilik yang terdaftar di akta
  • Nama CV
  • Jabatan setiap yang terdaftar di akta (direktur / komisaris)
  • Alamat CV
  • Jenis usaha CV beserta KBLI nya.
  1. Surat domisili perusahaan (tidak diberlakukan di beberapa daerah)
  • Copy KTP dan NPWP direktur utama
  • Copy akta dan SK
  • Surat keterangan tetangga di ttd RT dan RW
  • Copy SHM, atau surat sewa.
  • IMB peruntukan kantor, PBB tahun terakhir
  • Isi formulir (bisa diminta di kelurahan).
  1. NPWP badan
  • Copy KTP dan NPWP direktur
  • Copy akta dan SK
  • Copy surat domisili perusahaan
  • Isi formulir (bisa di dapatkan di Kantor pajak setempat)
  1. NIB (No Induk Berusaha)
  2. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  3. Surat izin lokasi
  4. Surat izin distribusi / produksi
  5. BPJS keternaga kerjaan dan kesehatan
  • File pdf KTP dan NPWP direktur
  • File pdf akta dan SK
  • File pdf surat domisili perusahaan
  • File pdf NPWP badan
  • File pdf SHM, IMB peruntukan kantor, SLF, PBB tahun terakhir

Jadi kesimpulannya syarat berkas yang harus disiapkan untuk mengurus keseluruhan adalah :

  1. Copy/ file pdf KTP dan NPWP semua yang tercantum di akta
  2. Copy/ file pdf SHM, IMB peruntukan kantor, SLF, PBB tahun terakhir
  3. Isian :
  • Jabatan orang-orang yang tercantum di akta (direktur / komisaris)
  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Bidang usaha beserta KBLI

Setelah semua proses sudah selesai kita tinggal mengurus pembukaan rekening giro antas nama perusahaan dan jika kita perlu untuk mengurus PKP maka kita tinggal datang ke kantor pajak dimana CV kita terdaftar. Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *